Our Fhoto

Fanpage

Diberdayakan oleh Blogger.

Lacak Pengiriman Barang


Widget Ongkir & Cek Resi JNE

Bank Transfer

Our Fhoto

Peranan media online dalam meningkatkan penjualan petani


Dalam pengembangan Informasi dan Teknologi, sebuah media online memiliki peranan penting di dalam memasarkan sebuah produk atau jasa yang hendak di sampaikan kepada masyarakat umum. Mayarakat pada saat ini telah menggunakan media online untuk mencari informasi mengenai produk apa yang akan di miliki dengan tingkat keinginan mengetahui keunggulan dan manfaat tambahan dari sebuah produk yang akan di beli.
Peranan ini juga akan bermanfaat dalam kemajuan industri penjualan terutama para petani, namun harus Ada penyuluhan tentang hal ini, agar masyarakat dapat dihimbau menjadi melek teknologi, sehingga dapat mempermudah masuknya media yang akan meningkatkan hasil penjualan mereka.
Peranan media online dalam meningkatkan penjualan petani
Bidang Pemasaran
Bagi para pengusaha para era perkembangan informasi dan teknologi, mulai melirik media online dalam memasarkan produk-produk yang akan di memperkenalkan kepada masyarakat umum. Serta memilih dalam membuat sebuah iklan di media online dengan asumsi bahwa jaringan pemasaran yang luas, global, dan dapat di jangkau dari seluruh masyarakat Indonesia.
Peranan media online, menumbukan inspirasi para pemuda dalam mempelajari mengenai media online, dengan bermunculan Blogger atau penulis di media online dalam membuat sebuah Blog atau website dalam wadah penulisan sebuah produk atau memasarkan produk orang lain.
Dalam melakukan promosi melalui media online,para pengusaha akan mendapat  manfaat melalui media online
  • ·         Tren Peningkatan Nilai belanja
  • ·         Peluang Pelanggan Berinteraksi
  • ·         Biaya Iklan Murah
  • ·         Konsep Iklan "Smart Advertising"


Perkembangan Bisnis

Pola bisnis konvensional juga sudah cenderung ditinggalkan dan bergerak ke arah bisnis yang memanfaatkan pemasarannya melalui dunia maya. Sejumlah perusahaan-perusahaan besar sudah mengembangkan pemasaran dalam produk dengan berbasis web hingga melakukan transaksi secara online.
Kenapa perusahaan sekarang banyak yang memanfaatkan jaringan internet sebagai sarana pemasaran? Pastinya bukanlah tanpa alasan ekonomis. Hal ini dikarenakan semua orang mengakses internet setiap harinya, serta sangat memungkinkan orang-orang dari Negara berbeda saling berinteraksi secara langsung.
Sehingga saat ini dunia internet muncul sebagai salah satu cara penyebarluasan informasi pasar. Banyak sekali produk-produk yang bisa dipasarkan melalui internet, bahkan produk-produk pertanian pun sekarang sudah mulai banyak yang melakukan pemasaran melalui internet dan bertransaksi secara online, khususnya bagi Negara-negara maju, seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika, dan Negara maju lainnya.
Kemudahan Yang Didapat
Tetapi, sering kali produk pertanian tidak mempunyai posisi tawar yang lebih dibandingkan produk lainnya, mungkin dikarenakan karakteristik ketahanan produk pertanian ini berbeda dengan hasil Industry, serta pemasaran suatu produk pertanian banyak yang belum optimal.
Adanya kemajuan teknologi di bidang informasi khususnya pemasaran melalui internet ini, menjadikan dunia semakin mudah dijangkau. Hal ini merupakan potensi yang cukup besar yang dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk pertanian.
Proses pembayarannya pun cukup mudah dilakukan, jika ingin membeli, konsumen hanya perlu mentransfer uangnya ke rekening penjual, kemudian tinggal menunggu kiriman produk itu datang.

Suatu produk pertanian melalui internet, terdapat beberapa kelebihan.
  1. Jangkauan sangat luas, tidak hanya dalam negeri tapi pangsa luar negeri pun dapat kita jangkau.
  2. Bisa online 24 jam, tidak seperti toko biasa yang ada batasan waktu untuk menjual produknya.
  3. Perusahaan kecil pun bisa lebih memiliki daya saing.
  4. Pekerja yang dibutuhkan sedikit untuk melakukan pemasaran ini.
  5. Selain melakukan pemasaran, petani juga bisa mengetahui informasi dan teknologi terbaru tentang dunia pertanian, sehingga bisa meningkatkan usahanya.

Kurangnya modal dalam mengakses teknologi bisa saja menjadi penghambat proses pemasaran yang lebih efisien dan menguntungkan seperti ini. Di perlukan kerja sama antara pemerintah, LSM, atau mahasiswa pertanian, serta departemen-departemen yang bersangkutan untuk menyosialisasikan, memberikan pendidikan.
Serta pelatihan kepada petani lokal tentang pemasaran tersebut melalui internet. Tidak hanya petani saja yang diuntungkan tapi juga Negara Indonesia. Sehingga sangat memberikan dampak positif yang besar.
Pemasaran melalui internet memungkinkan usaha pertanian semakin maju, dapat menekan angka tingkat dari kemiskinan, dan dapat menyejahterakan masyarakat Indonesia,  para petani Indonesia khususnya. 
Banyak sekali potensi yang kita gali, namun minimnya pengetahuan mengenai medis sehingga menyulitkan untuk tersalurkan bakat secara lebih luas lagi. Untuk itu perlu adanya peran dari suatu organisasi atau komunitas yang memberi tahu.


Buka Lapak

Produk Terlaris