Our Fhoto

Pupuk Non Subsidi

Pupuk 
Humagrow

Produk Promo

Bibit Online
Diberdayakan oleh Blogger.

Jual Bibit Online

Bibit Online

Bank Transfer

Bibit OnlineBibit Online

Jual Media Tanam

Bibit Online

MENJEMPUT BOLA PASAR

Oleh ; Wayan Supadno/Pak Tani


Dulu...
Konsep pertanian kita sentra produksi, tak heran jika sekian puluh tahun lamanya bawang merah hanya dikenal dari Brebes, Probolinggo dan Bima, ini berlangsung turun temurun yang berdampak pada rentan hama penyakit dan kejenuhan lahan.

Dampak lain lagi harga di konsumen akhir bisa melambung tinggi akibat jauhnya dari sentra produksi, ongkos kirim yang mahal dan rentan terhadap fluktuasinya inflasi kita. Ini dampak utamanya.

Sekitar 3 tahun silam diadakanlah Forum Diskusi Group Hortikultura, salah 1 nya membahas rencana kebijakan makro penyebaran dan pemerataan sentra produksi hortikultura, khususnya kkmoditas penyebab naiknya inflasi kita, di antaranya cabe dan bawang merah, jadilah kebijakan yang benar - benar bijak menghapus mitos bahwa selain di 3 lokasi tersebut tidak bisa tanam bawang merah.

Hampir semua kabupaten diharapkan bahkan ditargetkan bisa swasembada cabe dan bawang merah, 2 tahun silam saya salah 1 nya yang dapat tugas oleh Kementan agar menanam bawang merah di Pangkalanbun 2 musim hanya beberapa hektar saja, hasilnya untuk benih.

Kini hasilnya cukup menggembirakan harga cabe dan bawang merah relatif terkendali, Petani tidak merugi dan konsumen juga dapat harga wajar, dampak lain lagi hari ini kita bisa ekspor bawang merah dllnya lebih banyak lagi guna berkontribusi cetak devisa kita.

Artinya jika kita sadar bahwa negara kita ini luas dan infrastrukturnya belum baik beneran maka berdampak pada tingginya ongkos kirim, solusi bijaknya menanam di area yang mendekati pada kknsumen akhir agar tidak jadi beban Petani maupun konsumen akhir, bukan tengkulaknya yang terus dimakmurkan.

Sesungguhnya..
Jika kita mau belajar dari ilmu hikmah di atas, masih banyak hal lagi yang bisa kita lakukan " menjemput bola pasar ", karena masih banyak lahan terlantar bisa ditanam komoditas - komoditas yang selama ini didatangkan dari luar daerah tersebut.

Ilustrasinya..
Kalau kita memperhatikan permainan sepak bola, hampir bisa dipastikan hanya pemain yang rajin jemput bola maka dialah yang dapat bintang pencetak goal, begitu juga dunia pasar agribisnis.

Semoga bermanfaat..


Salam Inovasi 🇮🇩
WS/Pak Tani

Surya Prima Tour

Produk Terlaris