Our Fhoto

Pupuk Non Subsidi

Pupuk 
Humagrow

Produk Promo

Bibit Online
Diberdayakan oleh Blogger.

Jual Bibit Online

Bibit Online

Bank Transfer

Bibit OnlineBibit Online

Jual Media Tanam

Bibit Online

Menembus pasar export produk pertanian dengan kemasan yang menarik dan higienis

Salah satu hal yang penting dalam upaya menaikkan daya tawar produk pertanian adalah membenahi sistem kemasan. secara umum produk pertanian pangan dan hortikultura masih di jual dalam bentuk mentah tanpa di kemas terlebih dahulu secara lebih baik. Padahal konsumen di perkotaan khususnya kelas menengah ke atas sering kali menjadikan kemasan sebagai alat pertimbangan utama dalam membeli produk pertanian.
Peningkatan kemampuan petani tersebut pun dilakukan salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan. Seperti dengan sosialisasi gelar teknologi holtikultura yang dilakukan Badan Pelaksana  Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) .
Menembus pasar export produk pertanian dengan kemasan yang menarik dan higienis
Mengembangkan Produk
Peningkatan sumber daya manusia (SDM), khususnya petani dalam penguasaan teknologi dan marketing sangat dibutuhkan. Tentu perlu untuk dilakukan sentuhan atau pendekatan teknologi pertanian pada pemilihan komoditi tertentu, yang mempunyai nilai harga kompetitif yaitu komoditi hortikultura. Sehingga dapat berkembang lebih jauh lagi.
Saat ini teknologi informasi sudah berkembang sangat pesat, oleh karena itu berbagai informasi dapat diakses dengan mudah. Para pelaku utama dan usaha dapat mengetahui tentang kemajuan teknologi, proses budidaya, pasca panen, peningkatan nilai tambah produk dan marketing.
Agar meningkatkan nilai tambah produk dengan melakukan pengelolaan produk dengan membentuk kemasan-kemasan yang menarik dan higienis. Kementerian Pertanian (Kementan) punya program pembinaan usaha/petani terkait kemasan produk agar bisa menarik untuk bisa menembus pasar.
Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementerian Pertanian Kementan Emilia Harahap mengatakan sejak 2013, sudah ada 13 unit packing house (khusus produk segar) di seluruh Indonesia. Targetnya tahun depan ada 14 lokasi tambahan untuk packing house dan 20 rumah sentra kemasan.
Tujuan Dari kemasan menarik dan higjenis
Rumah pengemasan adalah suatu bangunan tempat menangani kegiatan penanganan pasca panen hasil hortikultura sejak dipanen sampai pengemasan dan siap didistribusikan ke pasar tujuan. Pendaftaran Rumah Pengemasan bertujuan memberikan acuan bagi pemangku kepentingan di bidang pertanian untuk menjamin konsistensi mutu produk pertanian dari hulu hingga hilir dalam rangka meningkatkan daya saing.
Selain proses praproduksi atau prapanen, hal lain yang patut diberikan perhatian khusus ialah mengenai pengemasan produk. Karena dengan kemasan yang baik dapat mempermudah produk-produk lokal untuk dapat bersaing di pasar ekspor. Kalau pasar dalam negeri sudah terpenuhi, ekspor dengan kemasan seperti ini bakal mudah sekali.
Padi yang dihasilkan kemudian diproses menjadi beras dan dikemas dengan apik. Meningkatkan intensitas lahannya dengan komoditi hortikultura dan tetap semangat dan menjaga kualitas produk yang ramah lingkungan. Dan ke depan akan kita tingkatkan kualitas pasca panennya dengan packaging dan langkah-langkah menuju proses sertifikasi.
Rancangan Suatu Produk
Rumah kemasan menyediakan alat kemasan, agar kemasan terlihat menarik. Permohonan rumah pengemasan diajukan secara tertulis oleh pelaku usaha/eksportir pangan segar hasil pertanian kepada Ketua Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP)
dalam upaya penetrasi pasar perlu kiranya petani diberi pengetahuan tentang market akses dan market penetration agar mampu membaca keinginan konsumen khususnya kelas menengah ke atas. Segmen pasar kelas elit ini memiliki kecenderungan untuk melihat produk pertanian yang sehat, aman dan menarik. produk organik kini juga punya tempat tersendiri di benak konsumen.
Ketrampilan petani di dalam melakukan sorting, grading dan pengemasan harus ditingkatkan, pemerintah dan berbagai pihak harus berupaya untuk menjadikan produk pertanian sejajar dengan produk lainnya. Perbaikan infrastruktur pertanian dan teknologi pasca panen sangat dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan di sektor pertanian.
Lebih penting lagi, harus dipikirkan bagaimana sistem pengemasan yang murah dan menarik bagi konsumen agar stigma produk pertanian yang selalu murah, kotor dan kurang sehat bisa di ubah. Sehingga dapat bersaing dengan produk lainnya di kancah yang lebih tinggi.

Hal ini juga bertujuan untung meningkatkan kualitas sehingga menembus pasar export. Dengan begitu produk dari petani dapat berkembang pesat, sehingga mampu menaikkan perekonomian, dan tentunya hal ini harus dipikirkan matang-matang, karena kemasan akan menentukan seberapa banyak orang tertarik untuk membeli.

Surya Prima Tour

Produk Terlaris