Our Fhoto

Fanpage

Diberdayakan oleh Blogger.

Lacak Pengiriman Barang


Widget Ongkir & Cek Resi JNE

Bank Transfer

Our Fhoto

Lahan Kritis

Lahan kritis dapat didefinisikan sebagai lahan keadaan tanahnya sedang mengalami proses kerusakan fisik, kimia dan biologi atau dengan kata lain lahan dengan tingkat kesuburan tanah yang sangat rendah karena tanah tersebut adalah tanah yang mengandung sedikit mineral dan miskin humus yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, umumnya lahan dengan tingkat kesuburan tanah yang rendah terdapat di daerah yang mempunyai resiko ancaman yang besar (ancaman erosi atau banjir). hal ini menyebabkan  hasil produksi yang akan dihasilkan apabila lahan tersebut dikelola akan sangat rendah sekali sehingga jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan biaya pengelolaannya. Apabila proses kerusakan fisik kima dan biologi ini terus dibiarkan berlangsung dalam jangka waktu yang lama lahan kitis tersebut akan menjadi padang pasir dan bukit-bukit batu atau cadas. 

Terjadinya lahan kritis dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:
  • Erosi yang biasanya terjadi di daerah dataran tinggi, pegunungan dan daerah miring lainnya.
  • Pengelolaan lahan yang kurang memperhatikan aspek-aspek kelestarian lingkungan yang disebabkan kurangnya penerapan apa yang disebut lima tepat dalam pemupukan.
  • Kekeringan yang pada umumnya terdapat di daerah-daerah bayangan hujan.
  • Genangan air yang terjadi secara konstan terjadi contohnya didaerah pantai yang terus menerus tertutup rawa-rawa
  • Pembekuan air pada umumnya terjadi didaerah kutub atau penggunungan yang sangat tinggi
  • Pencemaran yang disebabkan masuknya unsur kimia yang bisa menggangu keseimbangan fungsi-fungsi tanah (pestisida dan limbah pabrik) melalui aliran sungai maupun yang lain unsur kimia tersebut dapat bertahan bertahun-tahun di dalam tanah seperti plastik dapat bertahan ± 200 tahun di dalam tanah.
Lahan yang kritis dapat menimbulkan beberapa dampak, antara lain:
  1. Kemampuan tanah menyerap tanah akan berkurang secara signifikan sehingga mengurangi kandungan air tanah yang pada akhirnya akan menyebabkan kekeringan pada musim kemarau
  2. terjadinya arus permukaan tanah pada waktu musim hujan yang menimbulkan ancaman banjir dan longsor
  3. Kesuburan tanah akan menurun secara derastis 

Solusi Untuk Memperbaiki Lahan kritis


humus humagrow









;

Buka Lapak

Produk Terlaris