Our Fhoto

Fanpage

Diberdayakan oleh Blogger.

Lacak Pengiriman Barang


Widget Ongkir & Cek Resi JNE

Bank Transfer

Our Fhoto

Humic Acid

Apa itu Humic Acid ?
Humic Acid adalah hasil pelapukan sisa-sisa tanaman dan binatang selama ratusan ribu bahkan jutaan tahun dan mengandung gugus asam organik yang sangat vital perannya bagi kesuburan lahan dan pertumbuhan tanaman.
Humic Acid/Asam Humic  TIDAK AKAN MEMBUAT TANAH SEMAKIN ASAM KERENA SIFATNYA BASA.
Teori Humate Asam Humus (Humic Acid) adalah sebuah substansi yang memiliki struktur yang komplek dengan berat molekulul 1500. secara praktis tidak larut (insoluble) atau mengendap dengan asam tapi larut (soluble) dengan basa. Struktur kimia Humic Acid mempunyai banyak gugus fungsional antara lain Gugus karboksil (-COOH) dan gugus phenol (-OH), keduanya memilki muatan ion negatif sehingga mampu mengikat ion positif logam berat dan membentuk sebuah organo logam atau senyawa khelat (Chelate)Gugus kuinon yang mampu menangkap dan mengumpulkan energi sinar matahari dan merubahnya dalam bentuk tingkat energi yang lebih tinggi.

Manfaat Humic Acid Bagi Tanah Humid acid  bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. peranan humic bagi tanah adalah kaitan dengan perubahan sifat-sifat tanah, yaitu sifat fisika, biologi dan kimia tanah

PENGARUH HUMIC ACID PADA SIFAT BIOLOGI TANAH   
Akibat pengaruh humic acid terhadap sifat fisika dan kimia tanah, sehingga menciptakan situasi tanah yang kondusif untuk menstimulasi perkembangan mikroorganisme tanah yang berfungsi dalam proses dekomposisi yang menghasilkan humus (humification).·        

Aktifitas mikroorganisme di atas tanah akan menghasilkan hormon-hormon pertumbuhan seperti auxin, sitokinin., dan giberillin
AUXIN, berfungsi :
·         Merangsang proses perkecambahan biji  
·         Memacu proses terbentuknya akar dan pertumbuhannya
·         Merangsang pucuk tanaman dan akar yang tak mau berkembang menjadi mampu berkembang kembali.

SITOKININ, berfungsi :
·         Memacu pembelahan dan pembesaran sel sehingga mampu memacu pertumbuhan  Merangsang pembentukan tunas-tunas baru
·         Mencegah kerusakan pada hasil panenan,sehingga lebih awet.
GIBERELIN, berfungsi :
·         Meningkatkan pembungaan dan pembuahan
·         Meningkatkan prosentase jadinya bunga dan buah
·         Mengurangi kerontokan bunga dan buah
·         Mendorong partenokarpi atau pembuahan tanpa proses penyerbukan.

MANFAAT HUMIC ACID BAGI TANAMAN
Humate bermanfaaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Terdapat dua proses penting yaitu:
1.      Peningkatan energi sel tanaman dan sebagai hasilnya adalah intensifikasi proses pertukaran ion. Sehingga mempercepat pertumbuhan sistem akar dan membuat akar lebih panjang.
2.      Peningkatan penetrasibilitas (kemampuan penyerapan) membran sel tanaman. Memudahkan nutrisi untuk terserap ke dalam sel serta mempercepat proses pernapasan (respirasi) tanaman.Pembentukan sistem akar yang kuat dan panjang memberikan efek yang baik tanaman. Daya serap dan jelajah akar semakin maksimal untuk mencari unsur hara dan nutrisi dalam tanah. Kemampuan sel tanaman dalam menyerap nutrisi semakin baik, sebagai akibat dari kapasitas tukar kation (KTK) humic acid sangat tinggi (perlu diketahui bahwa penyerapan nutrisi oleh tanaman melalui mekanisme pertukaran ion).

Pupuk Humus humagrow dengan kandungan humic acid 85% sangat efektif  digunakan dalam pengolahan tanah sebelum digunakan sebagai media tumbuh tanaman karena dapat memperbaiki fisik, biologi dan kimia tanah secara bersamaan yang pada akhirnya akan diperoleh produksi pertanian yang maksimal.
Pupuk NPK Humagrow dengan Formulasi terbaru yang mempunyai kandungan NPK 6:26:16 yang diperkaya dengan kandungan humic acid 10% sangat cocok digunakan setelah tanam karena  Pupuk NPK Humagrow mempunyai manfaat sbb:
1. Meningkatkan aerasi tanah dan kapasitas menahan air dan mengurangi erosi.
2. Meningkatkan perkecambahan biji
3. Meningkatkan penyerapan hara
4. Meningkatkan kekebalan terhadap penyakit
5. Meningkatkan pertumbuhan akar
6. Meningkatkan kadar klorofil
7. Meningkatkan kualitas fisik tanaman
8. Meningkatkan struktur tanah


Kalau untuk mengatasi berbagai macam penyakit tanamam mungkin terdapat berbagai cara metode penanganan berbeda dengan tingkat efektifitas yang berbeda dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya oleh karena itu prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati sangat penting dipahami dan diterapkan oleh para petani, kegiatan pencegahan dapat dimulai pada saat pengolahan tanah sebelum tanam dalam memperbaiki kondisi dan memaksimalkan fungsi tanah sehingga setelah penanaman tanaman akan tahan terhadap segala penyakit.

Buka Lapak

Produk Terlaris